Search This Blog

Sunday, July 3, 2016

Manfaat Tape Ketan

Click Here

Rakyat Indonesia pasti mengenal tape ketan. Betul sekali, sejak jaman dahulu tape ketan banyak dimanfaatkan oleh nenek moyang kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tape ketan juga sangat berlimpah dan banyak dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan. 

Beberapa zat penting yang terkandung dalam tape ketan antara lain zat besi, asam laktat dan kandungan serat alami yang jumlahnya cukup berlimpah. Dilihat dari jumlah nutrisi yang terkandung didalamnya, sudah tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun dalam mengkonsumsi makanan dari tape ketan juga tidak boleh secara berlebihan. Apabila melebihan dari batas kebutuhan nutrisi harian akan berdampak tidak menyehatkan tubuh. 

Manfaat Tape Ketan Bagi Kesehatan Tubuh

Ada yang perlu kita ketahui tentang beberapa manfaat yang sangat berlimpah ruah dari tape ketan terhadap kesehatan tubuh adalah sebagai berikut ini. 

1. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh 
Makanan yang terbuat dari bahan dasar ketan ini banyak memiliki zat penting bagi sistem metabolisme tubuh. Salah satu dari sekian banyak senyawa tersebut adalah asam laktat. Senyawa asam laktat yang terkandung dalam tape ketan dipercaya mampu meningkatkan daya tahan atau menambah sistem kekebalan tubuh. Sehingga berbagai macam sumber penyakit yang berupaya menyerang anggota tubuh akan terusir lebih mudah. 

2. Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh 
Manfaat kedua dari tape ketan selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Peran dari  asam laktat yang terdapat pada tape ketan yang tidak kalah penting adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak akan terkena dampak dari gangguan penyakit kolesterol dan organ tubuh akan terasa lebih sehat. 

3. Untuk mencegah timbulnya penyakit kanker 
Selain meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi penyakit kolesterol, asam laktat yang tersimpan dalam tape ketan, juga mampu mencegah penyebab terbentuknya sel kanker. Baik kanker serviks, kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, dan lain sebagainya. Perkembangan penyakit kanker dalam tubuh memang sangat menakutkan. Saat ini jenis penyakit kanker banyak mewabah pada kaum wanita. Untuk itu agar terhindar dari serangan penyakit kanker ada baiknya mengkonsumsi tape ketan secara teratur. 

4. Dapat menyembuhkan penyakit anemia 
Penyakit anemia juga sering menyerang kaum wanita terutama saat masih remaja. Hal ini ada kaitannya dengan masa menstruasi yang tidak sehat. Untuk mengatasi masalah anemia tersebut dapat memanfaatkan tape ketan. Tape ketan dikenal banyak mengandung zat besi. Zat besi ini sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pembentukan sel darah merah. Sehingga kebutuhan sel darah merah dalam tubuh tercukupi dan terhindar dari kekurangan sel darah merah penyebab penyakit anemia. 

5. Untuk melancarkan sistem pencernaan 
Tape ketan juga dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena tape ketan mengandung tinggi serat. Kandungan serat inilah yang memiliki peran untuk memperlancar sistem pencernaan. Sehingga akan memberikan efek untuk mengihndari terjadinya masalah sembelit. 

6. Untuk mencegah penyakit ambeien 
Menurut hasil dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa tape ketan yang terbuat dari bahan ketan putih maupun ketan hitam dapat berperan untuk mengobati gejala ambeien. Walaupun dalam kondisi yang sudah akut juga dapat disembuhkan. Selain itu kandungan ragi yang ada di dalam tape dapat bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan dan menyehatkan saluran pembuangan.  

7. Mampu menjaga kesehatan kulit 
Lebih hebatnya lagi kandungan nutrisi pada tape ketan ini mempunyai sifat anti inflamasi atau anti peradangan, sehingga dengan mengkonsumsi tape ketan secara teratur dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit Anda akan tampak lebih cantik. 

Manfaat yang didapatkan dari tape ketan tidak hanya seperti yang telah dicantumkan diatas, melainkan masih banyak manfaat lainnya. Tape ketan selain memiliki rasa yang segar juga dapat menghangatkan tubuh sewaktu kedinginan.